Brosur – Saat ini kita akan membahas mengenai brosur, mungkin tidak asing lagi bagi kita mendengar kata brosur ini. Karena sudah banyak orang bahkan kita sendiri menggunakannya, namun kita banyak yang tidak mengetahui apa itu definisi , fungsi dan cirinya, untuk lebih jelasnya mengenai hal hal tersebut  silahkan simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Brosur

Brosur adalah bahan informasi tertulis mengenai suatu masalah yang disusun secara bersistem; atau cetakan yang hanya terdiri atas beberapa halaman dan dilipat tanpa dijilid; atau selebaran cetakan yang berisi keterangan singkat, tetapi lengkap (tentang perusahaan, sekolah, perguruan tinggi, lembaga sosial atau organisasi) serta digunakan juga sebagai promosi suatu produk/barang. Menurut definisi UNESCO, brosure adalah terbitan tidak berkala yang tidak dijilid keras, lengkap (dalam satu kali terbitan), memiliki paling sedikit 5 halaman tetapi tidak lebih dari 48 halaman, di luar perhitungan sampul. Biasanya brosure ini dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat umum dengan harapan masyarakat dapat mengetahui produk tersebut.

Brosur Studio Kreasindo
Contoh hasil cetakanan StudioKreasindo

Fungsi

Fungsi utama dari brosur adalah memberikan informasi kepada masyarakat umum mengenai suatu produk yang akan ditawarkan dengan secara detail. Umumnya brosure dibuat dengan desain yang menarik serta juga isinya jelas.Lebih jelasnya, fungsi dari brosure adalah sebagai berikut:

  1. Untuk menginformasikan kepada para konsumen potensial yang berhubungan dengan perusahaan atau juga produk atau layanan yang akan ditawarkan.
  2. Sebagai alat iklan ataupun juga alat promosi, yang menarik serta juga memungkinkan untuk mempromosikan satu atau lebih produk atau juga jasa.
  3. Untuk mempertahankan kriteria maupun konsep yang sama dengan melalui semua brosur perusahaan atau produk atau layanan yang dimiliki.
Brosur WMMA Studio Kreasindo

Ciri-Ciri

Segala sesuatu tentu akan memiliki karakteristik maupun ciri-ciri tersendiri, begitu juga dengan brosur. Brosure juga akan memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan media-media promosi yang lainnya. Adapun ciri-ciri dari brosure antara lain :

  1. Pernyataan pesannya selalu tunggal.
  2. Dibuat bertujuan untuk meniformasikan, mengedukasi, dan membujuk atau mempengaruhi orang/pelanggan untuk membeli atau mengadopsi pesan yang disampaikan.
  3. Di terbatikan hanya sekali, akan tetapi bisa di cetak ulang berkali-kali baik dengan diperbarui maupun tidak.
  4. Brosure harus bisa menarik perhatian pelanggan atau publiknya.
  5. Mempunyai sistem distribusi sendiri yang bukan merupakan bagian dari media lainnya.
  6. Copynya harus jelas serta desainnya haruslah menarik

Mungkin itu saja penjelasan mengenai pengertian, fungsi, dan ciri dari brosure. Semoga informasi ini bermanfaat.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *