Desain Packaging merupakan bagian dari Branding. Branding adalah upaya untuk memperkuat nilai pada suatu brand atau merek. Jika dikaitkan dengan produk tertentu, maka branding dapat diterapkan pada packaging atau kemasan untuk menambah nilai suatu produk dan dapat menarik minat konsumen terhadap produk itu sendiri.

Jika saat ini Anda telah memiliki produk namun belum memiliki desain untuk packaging produk Anda, sekarang saatnya mulai membuat desain packaging untuk produk Anda.

Desain packaging Studio Kreasindo

Packaging sebuah produk merupakan salah satu unsur yang mempengaruhi banyaknya penjualan atau minatnya konsumen terhadap produk tersebut. Jika hal ini benar, sudahkah Anda sekarang membuat packaging untuk produk Anda?

Bagi yang sudah, mungkin beberapa masih banyak yang belum yakin dan bertanya-tanya apakah desain packaging produk mereka sudah menarik?

Kebanyakan beberapa pengusaha di luar sana berpikir bahwa kualitas sebuah produk dan cara pemasaran jauh lebih diutamakan untuk meningkatkan penjualan, dibandingkan fokus pada packaging produk.

Padahal beberapa unsur yang mempengaruhi penjualan produk seperti kualitas produk, pelayanan, pemasaran, dan packaging juga saling mendukung satu sama lain.

Jadi, belum tentu juga jika produk dengan kualitas yang bagus maka akan banyak peminatnya, kecuali bila konsumen tersebut benar-benar membutuhkannya. Packaging suatu produk inilah yang mungkin perlu Anda pikirkan sebagai bagian dari strategi pemasaran.

Di bawah ini ada beberapa hal yang berkaitan dengan sebuah packaging produk, seperti fungsi, manfaat, serta strategi marketing.

Fungsi Packaging Produk

Tujuan atau fungsi utama dari adanya packaging produk adalah untuk melindungi produk dari goresan atau cacat produk yang membuat produk menjadi rusak.

Selain itu juga packaging produk tidak hanya difungsikan pada saat proses pendistribusian barang dari pabrik ke beberapa distributor, tapi packaging produk juga bisa melindungi produk ketika berada di toko-toko retail.

Daya Tarik Desain Packaging

Umumnya banyak perusahaan melakukan sebuah riset terlebih dahulu tentang skema warna, desain, maupun jenis pada sebuah packaging produk yang akan dipasarkannya. Hal ini dilakukan agar tingkat pemasaran produknya jauh lebih luas lagi.

Jika Anda ingin produk yang Anda jual banyak peminatnya, maka Anda bisa menyiapkan desain packaging yang tepat untuk produk Anda. Karena seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, salah satu yang membuat produk tersebut bisa laku adalah packaging produk yang bisa menjadi daya tarik bagi konsumen.

Promosi

Sebuah packaging produk juga berperan penting dalam memberikan informasi produk seperti, manfaat, kegunaan, tagline, maupun cara pembuatan.

Semuanya bisa dicantumkan pada desain packaging agar konsumen tahu tentang manfaat dari produk tersebut, yang terpenting janganlah menyampaikan semuanya hingga desain menjadi penuh dan malah membuat konsumen menjadi jenuh melihatnya.

Mendukung Keputusan Berbelanja

Anda sebagai pemilik produk bebas mencantumkan informasi apapun yang nantinya bisa mempengaruhi konsumen untuk melakukan keputusan membeli produk Anda. Akan tetapi jangan terlalu berlebihan dalam menyampaikan seluruh informasi yang Anda miliki.

Diferensiasi

Packaging juga bisa dijadikan sebagai identitas bagi sebuah produk, misalnya ada beberapa produk A dan B yang ditata rapi pada sebuah toko, produk tersebut secara fungsi sama, dan bisa dikatakan hampir sama, namun karena packaging-nya berbeda bisa jadi konsumen akan lebih cenderung memilih produk yang memiliki packaging yang menarik menurutnya.

Pentingnya packaging untuk produk usaha sangat disadari oleh Studio Kreasindo. Karena itu, saat ini kami terus berinovasi dan berinvestasi untuk meningkatkan pelayanan dalam pembuatan desain packaging.

Dan tentunya dapat membantu Anda dalam menghadirkan solusi untuk pemasaran produk Anda. Jika Anda membutuhkan jasa pembuatan desain dan bentuk packaging yang unik, Anda dapat menghubungi kami via telepon 0711 353543 atau email ke info@studiokreasindo.com serta kunjungi website utama kami www.studiokreasindo.com


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *