Brosur sebagai Media PromosiBrosur merupakan salah satu jenis media cetak untuk mempromosikan atau mengiklankan produk atau jasa dari suatu perusahaan. Bisa dikatakan bahwa beriklan dengan menggunakan brosur ini merupakan salah satu cara paling tradisional dalam teknik pemasaran.

Namun cara berpromosi menggunakan brosur ini juga memiliki berbagai fungsi dan keunggulan. Apa sajakah fungsi dan keunggulan tersebut?

Fungsi Brosur sebagai Media Iklan dan Promosi Bisnis

Secara umum brosur yang digunakan sebagai media untuk beriklan memiliki fungsi yang informatif. Artinya bahwa brosur harus bisa membawa informasi dari produk atau jasa yang tengah ditawarkan.

Fungsi kedua adalah advertising, artinya brosur menjadi bagian yang penting sebagai media beriklan, sehingga buatlah brosur dengan menarik dan unik sehingga mampu menarik konsumen.

Fungsi iklan yang ketiga adalah identifikasi, desain brosur yang menarik dan komunikatif akan membuat konsumen mudah menemukan dan mengenali perusahaan Anda. Selain itu, brosur yang menarik akan memberikan prestise dan kredibilitas tersendiri bagi perusahaan Anda.

Dengan demikian, akan memudahkan Anda dalam melakukan pemasaran bagi setiap produk atau jasa yang Anda jual, jadi ada baiknya dalam setiap desain brosur yang dibuat harus benar-benar mewakili perusahaan Anda.

Brosur Sebagai Media Promosi
Brosur Sebagai Media Promosi

Keunggulan Brosur sebagai Media Iklan dan Promosi Bisnis

Di atas telah disinggung tentang teknik pemasaran dengan media brosur merupakan salah satu teknik yang masih tradisional. Meski tergolong tradisional, pemanfaatan brosur sebagai media beriklan juga memiliki banyak keunggulan yaitu sederhana namun langsung to the point, sehingga konsumen bisa langsung memahami maksud yang disampaikan.

Brosur bisa dibuat sesuai keinginan sehingga dapat disesuaikan dengan karakter perusahaan Anda dan bisa dibuat dengan bentuk atau tampilan yang unik.

Harga yang ditawarkan dalam pembuatan brosur relatif lebih murah jika dibandingkan media iklan lainnya. Dengan biaya yang murah, artinya perusahaan bisa melakukan penghematan dalam budget pemasaran.

Dengan menggunakan brosur Anda tetap bisa beriklan meski tidak ada orang yang menjaganya. Artinya, jika anda meletakkan brosur di tempat-tempat umum, orang tidak perlu diminta untuk mengambil pasti akan mengambilnya meski tidak ada penjaganya.

Brosur Bisa Mempertahankan Promosi Bisnis Anda

Dengan mengetahui keunggulan dan fungsi brosur, kini Anda bisa menggunakannya sebagai alternatif dalam memasarkan produk dan jasa perusahaan Anda.

Brosur mampu membuktikan bahwa cara pemasaran yang dianggap tradisional ini mampu bertahan dari masa ke masa karena keefektifan yang didapatkan melalui beriklan dengan brosur ini.

Sampai saat ini rasanya belum ada tanda-tanda bahwa cara yang dianggap tradisional ini akan berakhir dan digantikan dengan teknik lain, hal ini didasarkan masih banyaknya perusahaan yang menggunakan media brosur untuk mengiklankan produk mereka.

Untuk itu kami pun dapat menjadi pilihan Anda dalam memenuhi kebutuhan cetak mencetak termasuk brosur maupun media lainnya untuk kegiatan beriklan dan promosi Anda.

Jenis Brosur

Untuk membuat brosur, berikut ini beberapa jenis dan ukuran brosur pada umumnya yang perlu Anda ketahui dan dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

1. Brosur Lipat 3

Brosur lipat 3 merupakan jenis yang sangat populer, biasanya ukurannya A4 (21 x 29,7 cm) kemudian dilipat 3. Brosur ini mempunyai 6 halaman.

Bagi Anda yang ingin menampilkan banyak foto-foto produk atau mempunyai materi yang banyak dan dapat dibagi-bagi perhalaman, brosur lipat 3 akan cocok bagi kebutuhan Anda. Ukuran brosur lipat 3 tidak hanya A4 tapi bisa juga disesuaikan kebutuhan.

Brosur Lipat 3 Studio Kreasindo
Contoh Brosiur Lipat 3 Hasil Cetak StudioKreasindo

2. Brosur Lipat 2

Desain brosur jenis ini banyak yang menggunakan ukuran kertas A4 kemudian dilipat 2 sehingga mempunyai 4 halaman. Brosur ini cocok bagi Anda yang ingin menampilkan gambar secara lebih besar.

Contoh Brosiur Lipat 2 Hasil Cetak StudioKreasindo
Contoh Brosiur Lipat 2 Hasil Cetak StudioKreasindo

3. Brosur Tanpa Lipat (Flyer)

Brosur ini tidak memiliki lipatan biasa disebut flyer. Ukuran yang paling banyak digunakan adalah A4, A5 (14,8 x 21 cm) atau DL size (10 x 21 cm).

Brosur jenis ini cocok untuk Anda yang mempunyai informasi singkat dan padat, tapi bisa juga menggunakan ukuran A4 untuk memuat lebih banyak materi.

Contoh Brosiur tanpa Lipat  Hasil Cetak StudioKreasindo
Contoh Brosiur Tanpa Lipat Hasil Cetak StudioKreasindo

Selain 3 jenis dan ukuran brosur di atas masih banyak jenis lainnya yang dapat disesuaikan dengan ide kreatif tersendiri dan materi yang ingin ditampilkan.

Jika Anda membutuhkan jasa desain dan cetak brosur berbagai ukuran, silakan datang langsung ke Studio Kreasindo (daerah Sekip Pangkal Palembang). Di sini kami juga akan membantu memberikan solusi kebutuhan beriklan dan promosi Anda. Dan bisa juga hubungi kami via telepon di 0711353543 atau email ke info@studiokreasindo.com.

(sk/yy)

Sumber: Berbagai sumber
Foto: Google Image Search


1 Comment

AffiliateLabz · February 23, 2020 at 4:51 pm

Great content! Super high-quality! Keep it up! šŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *