Cetak banner merupakan hal yang penting dalam teknik marketing, pastikan teman teman paham mengenai banner itu sendiri. Untuk pembahasan kali ini kita akan mengulas mengenai Banner yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, tujuan, fungsi, dan  jenis  dari banner, langsung saja simak ulasan dibawah ini

Pengertian Banner

 Banner  adalah suatu media informasi non personal yang berisi pesan promosi, baik itu untuk tujuan menjual ataupun untuk memperkenalkan sesuatu kepada khalayak. Ada juga yang mengatakan pengertian banner adalah suatu media promosi/ publikasi yang dicetak menggunakan print digital dengan ukuran tertentu dan berbentuk portrait atau vertikal.

Tujuan Cetak Banner

Untuk tujuan dari cetak banner ialah untuk mengiklankan produk tertentu dan menarik orang sebanyak mungkin/lalu lintas mungkin untuk produk tertentu. Adapun banner yang ukuran sedang untuk media iklan. Untuk setiap banner pasti dan harus memliki sebuah desain yang berbeda beda yang dapat menjadi ciri khas dari media yang di iklankan /promosikan itu.

X Banner Studio Kreasindo
Conth X Banner Studio Kreasindo

Fungsi Banner:

Banner juga memiliki fungsinya tersendiri yaitu :

  1. Media Informasi; pemasangan banner merupakan cara yang sangat efektif sebagai media informasi kepada khalayak.
  2. Media Promosi; sama halnya sebagai media informasi, banner juga efektif digunakan sebagai media promosi. Namun, tentu saja pemasangan banner harus berada pada tempat yang strategis dan sering dilihat masyarakat umum.
  3. Identitas/ Ciri Khas; banner dapat berfungsi sebagai identitas atau ciri khas perusahaan Anda sehingga pengunjung lebih mudah mengingatnya.

Jenis Cetak Banner

Banner memiliki jenis dan bentuk nya pula, jenis banner berdasarkan bentuknya yaitu:

  • X Banner

Sesuai namanya, X Banner memiliki bentuk buffer X yang berfungsi untuk mendukung spanduk dalam potret. Fungsi menggunakan jenis banner ini sangat tepat untuk dipasang di depan pintu masuk kantor, di depan stand bazaar, atau acara-acara tertentu.

  • Roll Banner

Sesuai namanya Roll Banner atau Roll Up Banner diatur pada papan spanduk dengan tiang tegak dan rol atau rol. Jadi, ketika kita ingin meletakkan spanduk, kita hanya perlu menariknya ke bawah agar spanduk itu tersebar di papan tulis.

Roll Banner Studio Kreasindo
Contoh Roll Banner Karya Studio Kreasindo
  • Y Banner

Jenis spanduk ini sebenarnya hampir sama dengan jenis X Banner. Perbedaannya adalah bentuk tiang penyangga, yang berbentuk seperti huruf Y tegak.

  • Mini X-Banner

Sesuai namanya, Banner ini berukuran mini yang biasanya diletakkan di meja dan berisikan informasi , qrcode dan lainnya.

Mini X Banner Studio Kreasindo
Mini X Banner Karya Studio Kreasindo
  • Banner Tanpa Tiang

Jenis spanduk ini tidak memerlukan jenis tiang apa pun. Itu hanya perlu dicetak dengan 4 lubang di setiap sudut yang kemudian digunakan untuk mengikat dengan tali atau kawat, nah banner ini biasanya berfungsi sebagai backdrop acara, atau kadang dipakai buat menutup dinding Gedung untuk menyampaikan informasi tertentu.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian, tujuan, fungsi, dan  jenis  dari banner, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, Jika Anda ingin mencetak Banner, dapat menghubungi StudioKreasindo dengan mengunjungi website berikut www.studiokreasindo.com.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *