Mendengar kalimat kartu nama, yang terbayang dalam pikiran adalah kertas kecil berisi informasi. Meski sudah tak banyak lagi di gunakan oleh orang banyak , namun kartu ini merupakan bagian terpenting terutama dalam dunia bisnis. Sebelum anda membuat sebuah Kartu ada baiknya untuk mengetahui Pengertian, Manfaat dan Jenisnya seperti pada di bawah ini 

Kartu Nama adalah sebuah kartu yang berfungsi untuk menyampaikan informasi tentang sebuah perusahaan ataupun individu yang disampaikan sebagai pengingat dalam sebuah perkenalan formal. Pada umumnya kartu ini berisi tentang nama perusahaan (logo perusahaan) dan alamat pos, nomor telepon, nomor fax dan email, situs web. Meski saat ini sudah marak akan penggunaan gadget, namun fungsi kartu ini masih tetap digunakan pada beberapa orang. Terlebih kartu ini sangat praktis digunakan dalam situasi terdesak.

Kartu Nama Studio Kreasindo
Kartu Hasil Cetakan Studio Kreasindo

Sejarah

Nah kartu ini pun memiliki sejarah , Sejarah dari kartu ini pertama kali tercatat mulai abad ke-15 di Tiongkok. Dahulu pada mulanya kartunama atau míngcì dibuat hanya untuk bentuk undangan khusus. Di Eropa, kartu ini baru masuk pada abad ke-17 di sana fungsinya mulai diperkenalkan sebagai “kartu dagang” yang berguna untuk memberitahukan lokasi pedagang tertentu. Lain Eropa lain lagi dengan di Inggris. Di sana penggunaan míngcì cenderung digunakan untuk memetakan identitas pekerja (buruh). Biasanya míngcì ini dibagikan pada pekerja sebelum atau setelah melakukan pekerjaan mereka. Mulanya kartu ini dibuat dari kulit kayu tipis dengan ukuran press dengan bentuk desain yang sangat sederhana.

Manfaat

Seiring perkembangan zaman, kartu nama atau míngcì mulai dikenal sebagai salah satu media pelengkap untuk data diri singkat. Kartu ini juga memiliki beberapa manfaat, Berikut manfaat menggunakannya :

  • Untuk memperkenalkan diri kepada konsumen/ relasi baru merupakan salah satu cara yang terbaik untuk memperluas jaringan komunikasi pemasaran.
  • Kartu ini merupakan strategi marketing kita kepada semua orang. Oleh karena itu seorang yang profesional harus memiliki Kartu ini.
  • Kartu ini dapat mengikat hubungan dengan relasi baru atau orang baru.

Jenis Kartu Nama

Ada 2 jenis kartu yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia, berikut penjelasan nya :

  • Kartu Pribadi

Kartu ini biasanya dibuat oleh orang sebagai tanda pengenal untuk dirinya. Kartu pribadi biasanya berisi tentang nama pemilik kartu, alamat tinggal, dan contact person pemilik kartu. Yang paling mencolok dari kartu pribadi adalah nama pemilik yang sengaja dibuat besar dan biasanya memilih font yang eye-catching.

  • Kartu Perusahaan

Kartu ini biasa digunakan oleh seorang pegawai/karyawan yang di dapat dari perusahaan. Kartu ini bertuliskan nama anda dengan nama perusahaan anda. Kartu yang diberikan perusahaan ini bisa dibilang sebagai promosi untuk perusahaan, meskipun kartu perusahaan ini mencantumkan nama dan contact person anda, font dan tulisan yang dibuat besar dan menarik adalah nama perusahaannya bukan nama diri anda.

Kartu Nama Studio Kreasindo
Kartu Infromasi Perusahaan Studio Kreasindo

Setelah anda mengetahui pengertian , jenis dan manfaat kartu ini. anda bisa memilih membuat kartu yang sesuai dengan kebutuhan. Agar kartu anda berguna dan tidak sia-sia. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat .

Untuk informasi percetakan yang dapat membuat Kartu Namamu menjadi bermakna dapat mengunjungi website www.studiokreasindo.com.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *